Sabtu, 05 Oktober 2013

Hasil PILKADA CIAMIS 2013


CIAMIS–Sebanyak empat pasangan calon bupati/wakil bupati Ciamis memperebutkan 1.233.822 suara daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang digelar hari inim Minggu (22/9/2013)

Pasangan peserta Pilkada Ciamis tersebut memperebutkan juga suara dari Daerah Otonomi Baru Kabupaten Pangandaran sebanyak 307.766 orang dari jumlah DPT tersebar di 3.000 tempat pemungutan suara (TPS) di 36 kecamatan.

Calon Pemimpin Pemerintah Kabupaten Ciamis periode 2014-2019 itu terdiri dari nomor urut 1 Iing Syam Arifin (wakil bupati Ciamis saat ini)-Jeje Wiradinata diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PPP.

Kemudian nomor urut 2 pasangan calon Bagus Arief Wiwaha-Akasah diusung Partai Demokrat. Pasangan nomor urut 3 Budi Kurnia-Mita Permatasari diusung PAN, PBB, PKB, PKS, Hanura dan Gerindra. Terakhir pasangan nomor urut 4 Heddy Suhendra-Yedi dari jalur perseorangan.
Sementara itu,  pelaksanaan pencoblosan mendapatkan pengamanan dari unsur petugas Linmas disekitar TPS dan kepolisian dibantu TNI.

Masyarakat pemilih berdatangan ke TPS untuk menyalurkan aspirasi memilih pemimpin Kabupaten Ciamis lima tahun kedepan, salah satunya di TPS 3, Desa/Kecamatan Sindangkasih.

Seorang warga pemilih, Ny Norma (27 tahun) berharap Pilkada Ciamis menghasilkan pemimpin yang amanah, peduli terhadap kepentingan rakyat dan tidak mementingkan partai politik atau kelompok.
“Bisa mendapatkan pemimpin yang amanah tidak mementingkan politik karena jika sudah terpilih akan menjadi tugas dan tanggung jawab yang hanya mementingkan kemajuan Ciamis,” kata wanita pengusaha makanan ringan khas Ciamis itu.

Pemimpin yang terpilih nanti, harap Norma memiliki kemampuan untuk menggali potensi Sumber Daya Alam dan mendorong pelaku usaha-usaha khas Kabupaten Ciamis.

“Pemimpin juga harus memperhatikan pengusaha makanan yang sudah menjadi ciri khas Ciamis dengan memberi fasilitas berupa bantuan alat dan pemasarannya,” katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada Ciamis sebesar 73 persen atau sama seperti angka partisipasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

“Mudah-mudahan saja partisipasi pemilih Pilkada Ciamis bisa sama seperti pemilihan gubernur sebesar 73 persen,” kata Kikim

0 komentar:

Posting Komentar