Jumat, 01 November 2013

Alasan iPhone 5c tidak laku

Terungkap dalam laporan bulan September, iPhone 5C yang merupakan kode untuk 'cheap' atau murah, sulit untuk dijual. Perangkat itu sendiri sebenarnya mirip dengan iPhone 5 yang diluncurkan pada tahun 2012 tapi dengan cover plastik warna-warni.
            5C ini dijual seharga USD 549. Kenapa penjualan iPhone versi ini sangat sedikit? Jawabannya adalah, kamu tidak bisa membuat teman iri dengan Apple yang murah.
            Tim Cook mengungkap bahwa pada akhir peluncuran, Apple telah menjual 9 juta iPhone. Namun ia tidak menyatakan bahwa angka tersebut sebagian besar adalah perangkat iPhone 5S, bukan 5C.
            Permasalahannya adalah, Apple nampaknya sedang lupa bahwa alasan terbesar orang-orang menjadi gila akan produk-produk mereka adalah: iPhone dan iPad menjadikan pembeli merasa 'superior' dan memungkinkan mereka memamerkan gadget tersebut kepada teman-teman.
            Tapi 5C tidak memberikan janji tersebut. Lebih lanjut, ponsel tersebut tidak cukup murah atau berbeda dengan entri Apple untuk pasar ponsel tingkat akhir. Perusahaan mungkin berharap untuk mengikuti keberhasilan iPod Shuffle, yang mana memberikan twist inovatif pada iPod dengan harga murah.
            Namun berbeda dengan 5C yang pada dasarnya sama dengan perangkat Apple lain. Apple tidak bersedia memberi komentar untuk hal ini. Namun tersirat kabar bahwa Apple telah berupaya untuk mempertahankan citranya sebagai produsen perangkat high end sembari berperang dengan Samsung untuk memperebutkan supremasi seluler di seluruh dunia.
            Namun produk 5C hadir sebagai faktor pendukung pemasaran yang penting di mana Apple memberi isyarat bahwa mereka akan bersaing juga di tataran produk murah. Namun ternyata di luar dugaan, produk iPhone murah mereka tidak laku dikarenakan perilaku pelanggan pada umumnya memilih Apple karena gengsi.
            Sejak iPhone pertama diluncurkan pada tahun 2007, Apple telah menikmati posisi sebagai produk superior. Perlahan tapi pasti, mereka disalip oleh Samsung yang pada tahun ini berhasil menempatkan Samsung Galaxy 4 di jajaran ponsel favorit.
            Ini bisa jadi pelajaran untuk Tim Cook bahwa seperti yang sering dikatakan Steve Jobs, permasalahannya bukan harga yang tinggi, akan tetapi inovasi produk yang dijual oleh Apple Computers.

0 komentar:

Posting Komentar